Janji Nengah Tamba mendekati kenyataan, Resiko Covid-19 Jembrana akan berkurang

-

Ada hal menarik dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Jembrana kemaren.  Salah satu janji Calon Bupati nomor urut 02, I Nengah Tamba dan Ngurah Patriana Krisna yang akhirnya dipercaya masyarakat untuk memimpin Jembrana periode 2021-2024 adalah, Jembrana akan menjadi salah satu Kabupaten di Indonesia yang mulai terbebas dari resiko penularan Covid-19. 

Semula banyak yang bertanya dan meragukan bagaimana pola ini bisa terjadi. Namun akhirnya hal ini mendekati kenyataan. bukan dengan sirih atau magic.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengisyaratkan Pulau Bali akan menjadi lokasi pertama travel bubble. Sebagai persiapan, dia mengusulkan 70 persen warga Pulau Dewata dipriortiaskan menerima vaksin Covid-19.

“(Penduduk) Bali total ada 4 juta (orang). Kalau kita dahulukan di Bali bisa 70 persen divaksin, ini akan jadi seperti New Zealand (Selandia Baru) yang sudah bisa dikunci,” ujar Sandiaga dalam webinar Economic Outlook KAHMIPreneur 2021, Minggu (3/1).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan pulau Bali akan menjadi lokasi pertama dalam penerapan travel bubble.

Travel bubble merupakan kerja sama koridor penerbangan khusus atau Travel Corridor Arrangement/TCA, langkah ini diambil untuk segera memulihkan sektor pariwisata dari tekanan pandemi Covid-19.

Untuk mendukung penerapan ini, Sandiaga mengatakan bahwa sebanyak 70 persen penduduk Bali akan melakukan proses vaksinasi terlebih dahulu, termasuk Kabupaten Jembrana.

"Total ada 4 juta. Kalau kami dahulukan di Bali bisa 70 persen divaksin. Ini akan jadi seperti New Zealand yang sudah bisa dikunci,” ujar Sandiaga dalam sebuah diskusi virtual, Minggu (3/1).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan pemerintah Indonesia sedang menunggu kesiapan Singapura untuk pembukaan travel bubble saat ini.

"Kalau Singapura sudah ready, kita bisa pairing dengan Bali," ujarnya.

Meski begitu, Sandiaga tetap memberikan catatan khusus bahwa protokol kesehatan tetap dijalankan dengan ketat, seperti melakukan wajib tes swab yang ingin masuk Bali agar penularan virus corona bisa dihindari.

Sandiaga menjelaskan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan lini yang paling terimbas pandemi Covid-19. Akibat pagebluk, jumlah kuncungan wisatawan asing selama 2020 turun 70,5 persen ketimbang 2019 atau dari 12 juta menjadi 3,56 juta wisman.

 Maksud Jembrana aman dari Covid-19 menurut Bapak Nengah Tamba yang merupakan Bupati Terpilih adalah Kabupaten Jembrana dalam era Pemerintahannya kedepan akan fokus menjaga masyarakat dan daerahnya untuk memajukan pariwisata sekaligus menjaga Masyarakatnya dengan penerapan CHSE dan persiapan travel bubble itu sendiri sesuai keinginan dan perencanaan Pemerintah pusat. "astungkara,saya akan selalu menjaga masyarakat Jembrana dari resiko penularan covid-19 sekaligus mempersiapkan Objek pariwisata dan pelaku aktif agar mampu menerapkan CHSE dan Travel bubble yang direncanakan Pemerintah pusat dan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Bali" ungkap Nengah Tamba di kediamannya, Banjar Peh, desa Kaliakah, Selasa pagi (5/1)

 


TAGS :

Komentar